Beranda » Berita » Mengapa Paket yang Anda Kirimkan Di Retur Pihak Kurir Luar Negeri?

Mengapa Paket yang Anda Kirimkan Di Retur Pihak Kurir Luar Negeri?

T Diposting oleh pada 24 November 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 128 kali

 

Pengiriman paket yang dilakukan dengan bantuan kurir luar negeri tak terlepas dari kendala, salah satunya adalah diretur atau dikirim pada pengirim. Hal ini tidak hanya terjadi dalam pengiriman dalam negeri, tetapi juga internasional. Tidak sedikit barang yang dikembalikan, padahal sudah sampai di bandara.

Sebagai pengirim, Anda pasti rugi karena ongkos kirim hangus (tidak dikembalikan). Lantas, apa saja yang membuat paket diretur pihak ekspedisi?

kurir luar negeri

  • Melanggar terms of service (ToS)

Setiap perusahaan kargo sudah terikat ketentuan seputar pengiriman paket berdasarkan undang-undang yang berlaku. Akan tetapi, dalam praktiknya, ada perbedaan penekanan yang menyebabkan masalah. Di lapangan masih ada pengirim yang mengabaikan terms of service dan terkejut begitu paketnya diretur. Misalnya, pengirim malah mengirim tipe barang yang sebenarnya dibatasi atau dilarang di negara tujuan. Dalam hal ini pihak ekspedisi berhak tidak melanjutkan pengiriman, karena hal itu melanggar ketentuan.

  • Tak ada yang menerima di alamat tujuan

Penyebab peraturan paket yang satu ini jadi yang paling sering terjadi. Biasanya, kurir luar negeri yang mengirim paket akan menelepon nomor penerima yang tertera di paket untuk memastikan. Namun, bila di alamat tujuan tidak ada orang yang menerima atau nomor telepon tak aktif, maka terpaksa barang dikembalikan ke pengirim. Sebelumnya, pihak ekspedisi akan mengabari pengirim tentang situasi tersebut. Sayangnya, dalam kasus ini, ongkos kirim yang Anda keluarkan pun tidak akan kembali.

  • Penerima menolak paket yang dikirimkan

Pada kasus ini, ada beberapa alasan yang melatari keputusan penerima. Di antaranya penerima ternyata tidak kenal pengirim atau alamat si penerima tidak tertera di paket, sehingga mereka ragu. Ada penerima yang enggan karena merasa si pengirim tidak memberi kabar bakal mengirim barang. Adanya agen yang membebani biaya tambahan karena alamat yang sulit dijangkau pun jadi salah satu alasan. Maka, Anda yang ingin mengirim paket—apalagi ke luar negeri—perlu memastikan dulu penerimanya.

  • Salah menuliskan alamat penerima paket

Penyebab yang sangat sederhana ini dapat menimbulkan pengembalian barang. Selain itu, Anda juga mengalami kerugian karena harus mengirim ulang dan mengeluarkan ongkos kirim yang tidak sedikit. Kasus salah menulis alamat ini masih kerap terjadi dan merepotkan banyak pihak. Sebelum mengirim paket, pastikan lagi alamat yang Anda tulis sudah benar. Jika masih ragu, tanyakan lagi kepada pihak penerima supaya tidak terjadi kesalahan.

  • Alamat penerima ternyata tidak dikenal

Kasusnya hampir sama dengan poin sebelumnya, tetapi Anda dapat mengantisipasi pengembalian bila melakukan komunikasi cepat dengan penerima. Contohnya, alamat penerima ada di nomor 445, padahal yang benar ada di nomor 454. Jika ada koreksi dan konfirmasi cepat, maka paket akan dikirimkan ke alamat yang betul walau mengalami sedikit keterlambatan. Namun, ada juga kasus alamat tidak diterima karena si penerima—tanpa diketahui pengirim—sudah pindah rumah.

Konsultasi pengiriman ke luar negeri bersama ATD Express

Anda pastinya tidak ingin barang yang dikirim ke luar negeri malah dikembalikan, bukan? Bila ini menjadi pengalaman perdana Anda melakukan pengiriman internasional, tak ada salahnya berkonsultasi dengan kurir luar negeri profesional seperti ATD Express. Bahkan Anda tidak perlu pergi ke kantor ATD Express, karena mereka siap melayani pertanyaan lewat WhatsApp di nomor 082 280 280 878. Anda pun bisa mengontak ATD Express di nomor telepon 0318283492 atau e-mail subsales@atd-indonesia.com untuk penjelasan lebih lanjut.

Belum ada Komentar untuk Mengapa Paket yang Anda Kirimkan Di Retur Pihak Kurir Luar Negeri?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Mengapa Paket yang Anda Kirimkan Di Retur Pihak Kurir Luar Negeri?

Jasa Pengiriman Barang Ke Amerika

Jasa Pengiriman Barang Ke Amerika

T 20 November 2017 F A atdexpre

Apakah Anda sedang berpikir untuk mengirimkan barang ke Amerika dari Indonesia? Ada banyak masyarakat Indonesia yang melakukan pengiriman barang ke Amerika entah karena bisnis atau untuk sanak saudaranya yang ada di sana. Amerika termasuk pangsa pasar yang besar bagi Indonesia,... Selengkapnya

Plus Minus Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Ada Indonesia

T 3 November 2017 F A atdexpre

Sejak situs-situs belanja online marak bermunculan, volume pengiriman barang domestik maupun luar negeri ikut meningkat. Ini disebabkan karena penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Transkasi terhadap suatu barang hanya dilakukan secara online. Maka agar pesanan dapat tersampaikan, mereka perlu mengandalkan... Selengkapnya

Jasa Pengiriman Barang ke Taiwan

Memilih Jasa Pengiriman Barang ke Taiwan yang Tepat untuk Paket Makanan

T 22 November 2017 F A atdexpre

Setiap negara punya ketentuan jenis barang apa saja yang berhak masuk ke wilayahnya. Hal ini pun berlaku saat Anda akan mengirimkan barang berupa makanan ke Taiwan. Meski syarat dan ketentuan yang diberlakukan berbeda, tetapi acuan yang dipegang jasa kirim biasanya... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Chat dengan kami via WhatsApp