Beranda » Berita » Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Laut

Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Laut

T Diposting oleh pada 3 November 2017
F Kategori
b 17 komentar
@ Dilihat 1133 kali

Pada dasarnya, jasa pengiriman paket ke luar negeri bukan hanya melalui jalur udara saja, tapi juga jalur laut. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang ekspor impor malah lebih sering menggunakan jasa pengiriman via jalur laut ketimbang udara. Namun, untuk perorangan masih terbatas jumlahnya.

Pengiriman paket ke luar negeri via laut mengandalkan dua jenis kapal khusus, yaitu:

  1. Kapal FCL (Full Container Load). Kapal jenis ini dilengkapi dengan kontainer berukuran besar. Penggunaannya memang tidak ditujukan untuk mengangkut penumpang. Selain awak kapal, kontainer hanya berisi paket-paket kiriman. Jika disesuaikan dengan fungsinya, kontainer kapal terdiri atas beberapa macam, yakni:
  • Reefer Container. Ini adalah jenis container yang kegunaannya secara garis besar mirip kulkas. Suhu di dalam kontainer dapat disetel sesuai kebutuhan. Pengaturan suhu sangat berguna untuk paket berupa makanan segar seperti ikan, sayur-sayuran, dan buah-buahan dari luar negeri. Sehingga kesegarannya tetap terjaga dalam waktu lama.

Berkat adanya reefer container inilah Indonesia bisa mengekspor buah-buahan dan hasil alam lainnya dalam keadaan segar ke Vietnam, Singapura, Malaysia, Hongkong hingga Uni Emirat Arab. Sebaliknya, kita pun bisa mengimpor aneka buah dan sayuran khas negeri lain.

  • Dry Container. Kontainer yang satu ini ditujukan untuk mengirim paket berupa barang-barang non gas dan tidak berbahaya. Umumnya untuk pengiriman handcraft, mebel, dan garment. Muatannya banyak karena ukurannya dapat mencapai 20
  • Flat Rack Container. Jenis kontainer ini ditandai dengan bagian sisi kiri yang terbentang. Sekilas seperti teras dari kapal itu sendiri. Flat rack container digunakan khusus untuk memuat paket yang ukurannya melebihi ukuran dry container. Size flat rack container mencapai 40
  • Open Top Container. Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan bentuk kontainer ini. Open top kontainer berarti kontainer yang bagian atasnya dapat dibuka. Penggunaannya ditujukan untuk paket yang tingginya melebihi ukuran dry container. Biasanya, open top container menjadi alternatif lain dari penggunaan flat rack container.

 

  1. Kapal LCL (Less Than Container Load). Kapal LCL adalah kebalikan dari jenis kapal FCL. Kapal ini tidak dilengkapi dengan kontainer. Kegunaannya ditujukan untuk pengiriman paket skala kecil. Dengan kata lain, kapasitas pengiriman di bawah standari pengiriman menggunakan kontainer.

Ekspedisi yang Melayani Pengiriman Via LautJasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

Ada beberapa ekspedisi yang melayani pengiriman barang via laut, 2 di antaranya yang paling banyak dipilih orang ialah:

  1. DHL

DHL merupakan pionir di bidang jasa pengiriman barang. Jadi tidak heran jika layanannya sangat komplit, berkelas, dan nyaris tidak pernah mengecewakan. DHL menyediakan tiga pilihan pengiriman barang, yaitu via darat, udara, dan laut.

Khusus untuk cargo laut, DHL menggunakan dua jenis kapal sekaligus: FCL dan LCL. Ini menandakan bahwa DHL bukan hanya diperuntukkan bagi kiriman skala besar, tapi juga kecil. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab yang begitu tinggi, DHL menyediakan asuransi untuk paket yang dipercayakan kepada mereka.

  1. ATD Express

ATD Express adalah perusahaan ekspedisi yang bekerja sama dengan beberapa shipping company. Sama seperti DHL, ATD Express juga menyediakan layanan FCL dan LCL untuk mengangkut paket ke negara tujuan. Pun, dilengkapi asuransi untuk menambah kenyamanan pelanggan.

Dari segi layanan, ATD Express dan DHL bisa dibilang setara.  Sementara dari segi biaya kirim ATD Express lebih eknomis karena bekerja sama dengan beberapa vendor shipping lainnya.

Keuntungan dan Kelemahan Ekspedisi Pengiriman Paket Via Laut

Pengiriman paket via laut tak luput dari sisi plus dan minus. Mari kita mulai dari sisi plus:

  • Kuota paket lebih banyak daripada standar kuota yang ditetapkan pada pengiriman jalur darat. Sehingga cocok untuk siapa saja yang ingin mengirim paket dalam jumlah besar.
  • Cargo laut lebih murah. Bahkan selisih biaya antara cargo laut dengan cargo udara cukup besar. Sehingga mereka yang memilih menggunakan cargo laut bisa lebih berhemat.
  • Dari segi keamanan, cargo laut tidak kalah dari cargo udara karena sudah dilengkapi dengan asuransi.

Sisi minus:

  • Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke negara tujuan lebih lama dibandingkan jalur udara.
  • Ekspedisi yang melayani jasa pengiriman via laut belum terlalu banyak. Jadi pengirim tidak terlalu leluasa menentukan pilihan.

Itu saja informasi seputar jasa pengiriman paket ke luar negeri via laut dapat kami sampaikan. Semoga tulisan ini sarat manfaat bagi pembaca.

17 Komentar untuk Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Laut

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Jasa Pengiriman Barang ke Luar Negeri Via Laut

Kirim Paket ke Belanda

Tips Mudah  Kirim Paket ke Belanda  dengan ATD Express

T 4 April 2018 F A atdexpre

Apakah Anda sekarang sedang bingung mencari jasa kirim paket ke Belanda? Tenang, ATD Express hadir ke tengah masyarakat untuk mengatasi hal itu. Dengan berbagai layanan istimewanya, jasa pengiriman barang ini akan menjamin kemudahan serta barang anda akan sampai ke tempat... Selengkapnya

Kirim Paket ke Malaysia Murah

Kirim Paket ke Malaysia Murah dan Terpercaya

T 23 January 2018 F A atdexpre

Kini semakin besar nya perkembangan dunia teknologi dan komunikasi, berbagai kemudahan dan kenyamanan saat Anda hendak melakukan hubungan seperti transaksi barang ke luar negeri atau ingin memperluas jaringan kerja semakin mudah saja. Apabila Anda hendak mengirim barang apakah itu untuk... Selengkapnya

Biaya Kirim Paket Ke Korea Selatan

Biaya Kirim Paket Ke Korea Selatan Dengan Harga Terjangkau

T 20 January 2018 F A atdexpre

Untuk para pebisnis online, pastinya para pembeli bukan hanya dari dalam kota saja, tetapi juga dari luar kota. Tetapi, ada juga bisnis online yang pemesannya hingga ke luar negeri. Salah satunya ke Korea Selatan. Nah, bagaimanakah supaya produk yang Anda... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Chat dengan kami via WhatsApp