Beranda » Berita » Aturan Bea Cukai Mengenai Jasa Pengiriman Barang ke Hongkong

Aturan Bea Cukai Mengenai Jasa Pengiriman Barang ke Hongkong

T Diposting oleh pada 21 November 2017
F Kategori
b 1 komentar
@ Dilihat 521 kali

Tidak sedikit orang yang melakukan pengiriman barang ke Hongkong. Perdagangan antarnegara yang frekuensinya kian meningkat sebanding dengan jumlah ekpedisi internasional yang menyediakan layanan kirim ke negara tersebut. Walaupun begitu, proses pengiriman kadang terhalang masalah. Salah satu kendala yang kerap dijumpai pengirim maupun penerima adalah tertahannya barang di bandara yang mengharuskan mereka membayar bea cukai.

 

Jasa Pengiriman Barang ke Hongkong

Berikut ini sejumlah barang yang kemungkinan besar akan diperiksa petugas bea cukai pada saat barang tiba di bandara.

  • Rokok, cerutu, tembakau, dan alkohol

Barang-barang tersebut termasuk ke dalam kategori yang jumlahnya dibatasi saat melewati pabean. Hal ini telah diatur Permenkeu 188/2010 yang membatasi jumlah cerutu sampai 25 batang dan rokok/sigaret maksimal 200 batang. Sementara produk jenis cairan yang mengandung etil alkohol yang terdapat dalam minuman beralkohol dibatasi maksimal satu liter. Jika Anda hendak menerbangkan barang-barang ini ke Hongkong, periksa lagi berat atau jumlahnya.

  • Barang dengan kemasan utuh atau baru

Pada umumnya, para petugas di bandara tidak akan melakukan pemeriksaan terhadap barang pribadi yang tak dilaporkan dalam Custom Declaration. Akan tetapi, bila barang yang Anda kirim masih dalam kemasan utuh atau baru, maka aturannya berbeda. Mungkin yang Anda kirimkan hanya oleh-oleh, tetapi petugas akan serta-merta mengeceknya—apakah nilainya melebihi aturan atau tidak. Gawai, perangkat elektronik, dan mainan adalah sebagian barang yang akan diperiksa.

  • Perhiasan dan tas mewah atau branded

Barang-barang mewah termasuk ke dalam barang yang rutin diperiksa petugas bea cukai. Salah dua di antaranya adalah perhiasan dan tas mewah atau branded. Karena tahu ada biaya bea cukai yang bakal dikenakan, beberapa online shop nakal menerapkan berbagai cara untuk menghindarinya. Salah satunya dengan memalsukan produk dagangan mereka sebagai item pribadi. Dalam hal ini, petugas bea cukai pun harus lebih teliti dalam membedakan barang baru dan lama.

  • Uang tunai dalam jumlah sangat banyak

Petugas bea cukai berhak memeriksa uang tunai yang Anda bawa bila jumlahnya terlalu banyak. Berapa jumlah yang akan dicek petugas? Bila Anda mengantungi uang dengan nilai lebih dari Rp100 juta, maka bisa dipastikan Anda harus melewati pemeriksaan. Anda akan diperbolehkan membawanya kalau punya lampiran izin resmi dari Bank Indonesia. Selain itu, petugas bea cukai pun akan memastikan keaslian dari uang tunai yang Anda bawa atau kirimkan.

  • Barang dalam jumlah banyak yang tak wajar

Setiap petugas akan memperhatikan jumlah dari barang-barang yang masuk ke bandara. Jika jumlahnya tidak wajar, maka akan diadakan pemeriksaan. Misalnya, kalau Anda membawa atau mengirim sepatu 10 pasang atau celana jin 16 potong dalam satu pengiriman, petugas bakal curiga Anda akan menjualnya di tempat lain. Bila Anda merasa bertanggung jawab dan ingin aman, isi formulir Custom Declaration dari pihak bandara sejujur mungkin.

Kirim barang ke Hongkong bersama ATD Express

ATD Express yang telah bekerja sama dengan vendor pengiriman internasional membantu pengiriman barang ke luar negeri—termasuk bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman barang atau paket ke Hongkong dengan memakai moda transportasi udara. Pasalnya, ATD Express menyediakan tawaran pengiriman paket atau barang ke hongkong menggunakan maskapai penerbangan secara rutin setiap minggunya. Tak hanya itu, Anda yang ingin berkonsultasi seputar aturan bea cukai pun dapat berkonsultasi dengan ATD Express. Kontak saja mereka di nomor WA 082 280 280 878 atau akses tautan resminya di bit.ly/kontakATDexpress.

1 Komentar untuk Aturan Bea Cukai Mengenai Jasa Pengiriman Barang ke Hongkong

  • Sabaria says:

    Hanya niat membantu Teman TKW yg di hongkong keluarganya mau kirim barang dariindonesia dan penerimanya bisa langsungsaya di hongkong

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Aturan Bea Cukai Mengenai Jasa Pengiriman Barang ke Hongkong

Biaya kirim barang ke luar negeri

Mengapa Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri Mahal?

T 2 November 2017 F A atdexpre

Biaya pengiriman turut menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli suatu barang. Apalagi jika posisi barang yang diinginkan berada di luar negeri. Tak jarang pembeli urung karena ternyata biaya kirimnya mahal, bahkan bisa melampaui harga barang itu sendiri. Biaya kirim paket... Selengkapnya

pengiriman paket ke luar negeri

Pengiriman Paket ke Luar Negeri Terpercaya dan Berkualitas

T 27 November 2017 F A atdexpre

Mengirim barang ke tempat yang memiliki jarak jauh memang tidak akan semudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi jika pengiriman barang tersebut bukan dilakukan dengan jarak antar kota saja, tetapi dilakukan dengan jarang antar negara. Tentunya hal tersebut membutuhkan... Selengkapnya

pengiriman ke malaysia

Pengiriman Ke Malaysia

T 3 March 2018 F A atdexpre

Saat ini tingkat kebutuhan masyarakat terkait jasa pengiriman ke luar negeri memang semakin meningkat, terutama sekali untuk pengiriman paket ke negara tetangga Indonesia atau Malaysia. Perlu diketahui, jika hal ini memang akan memberikan dampak yang sangat baik bagi pelaku usaha... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Chat dengan kami via WhatsApp