Beranda » Tips » Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri agar Aman Sampai Tujuan

Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri agar Aman Sampai Tujuan

T Diposting oleh pada 1 November 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 407 kali

Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri

 

Perkembangan zaman membuat segalanya terasa lebih mudah. Salah satu yang sama-sama kita rasakan adalah mengirim barang ke luar negeri. Dahulu, ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke luar negeri sangat terbatas. Layanannya pun belum seberapa memuaskan. Kini berlaku sebaliknya, ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke luar negeri menjamur jumlahnya. Jenis layanannya bervariasi dan dapat disesuaikan dengan budet serta kebutuhan pelanggan.

Pun karena persaingan di bidang ekspedisi ini sudah semakin ketat, biaya pengiriman paket ke luar negeri pun makin terjangkau. Bagaimana mungkin ekspedisi berani menawarkan harga jauh lebih mahal jika para kompetitornya menetapkan harga yang lebih murah dengan layanan yang tak terlalu jauh berbeda. Bisa-bisa ekspedisi mahal tersebut sepi pelanggan, bukan?

Namun, ada hal-hal  lain yang perlu diperhatikan pelanggan sebelum mengirimkan paket ke luar negeri. Memang, semua ekspedisi senantiasa menjamin keamanan paket pelanggan hingga sampai ke negara tujuan. Akan tetapi, terkadang ada hal-hal lain yang tidak dapat terhindarkan sehingga paket pelanggan nyasar, hilang, atau  bahkan rusak. Sistem ganti rugi pasti berlaku. Tapi, yang namanya ganti rugi jarang menguntungkan untuk pelanggan.

Oleh sebab itu, alangkah bijak jika

  1. Hindari mengirim barang-barang yang sangat berharga seperti perhiasan, logam mulia, dan segala rupa batu berharga lainnya dalam jumlah besar. Memang benda-benda tersebut bisa dikemas sebaik mungkin, tetapi paket tetap akan melewati proses pemeriksaan di bagian custom (bea cukai) negara tujuan. Sampai di sini, tidak ada yang bisa menjamin paket tersebut aman atau tidak nantinya. Agar tidak kecewa, baiknya hindari sedapat mungkin.
  2. Tidak mengirim paket yang isinya berupa benda-benda terlarang seperti narkoba. Jika tetap nekat besiaplah menghadapi masalah di kemudian hari. Bukan hanya paket saja yang tertahan, pengirimnya juga sudah pasti akan ikut terciduk.
  3. Tidak mengirimka paket berupa makanan basah, berminyak, atau yang ketahanannya singkat. Sekalipun pelanggan memilih jenis layanan tercepat, tapi kita tidak pernah bisa menebak kendala apa saja yang akan terjadi selama proses pengiriman. Misalnya, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Sehingga pesawat tidak diizinkan terbang atau mendarat sesuai prediksi. Akibatnya, paket terlambat sampai di negara tujuan dan paket keburu rusak atau ekspired.
  4. Benda-benda seperti senjata api dan minuman keras sebetulnya bisa dikirim ke luar negeri. Namun, harus dilengkapi dengan izin lengkap dari badan berwajib di negara pengirim serta koordinasi dengan pihak negara tujuan. Ada beberapa negara yang sama sekali menolak senjata api dan minuman keras dari negara lain.
  5. Kemas rapat dan rapi paket yang ingin dikirim. Kerap terjadi paket rusak karena kemasan jebol, basah, atau mudah robek. Jelas ini kesalahan si pengirim tapi sering ditumpahkan kepada pihak ekspedisi. Urusan jadi panjang karena saling lempar tanggung jawab. Oleh karena itu, pengirim sangat dianjurkan mengemas paketnya sebaik mungkin. Bahkan lebih bagus lagi jika kemasannya berlapis-lapis seperti berikut ini.
  • Kemas barang dengan pembungkus berbahan plastik agar tahan air. Bungkus serapat mungkin.
  • Setelah lapisan pertama selesai, lapisi lagi dengan plastik bubble wrap. Plastik ini mudah ditemukan di toko plastik dan stationary. Bahkan, di sebagian besar ekspedisi menyediakan plastik bubble wrap gratis untuk pelanggan.
  • Permukaan buble wrap yang bergelembung-gelembung dapat melindungi barang dari benturan. Sehingga mengurangi risiko kerusakan pada barang-barang yang rentan pecah.
  • Masukan barang sudah dibungkus tadi ke dalam kardus/kotak yang cukup tebal. Sesuaikan ukuran kardus dengan ukuran barang. Jika terlalu besar, maka barang didalamnya akan terguncang-guncang. Tempel identis si pengirim dan si penerima pada bagian luar kardus.
  • Terakhir, balut kardus tersebut dengan lakban bening hingga seluruh permukaannya tertutupi. Lakban bening berguna untuk melindungi kardus dari risiko terkena air.
  1. Pastikan bahwa penulisan identitas pengirim dan penerima sudah tepat. Semakin detail maka akan semakin memudahkan kurir menemukan alamat yang dituju.
  2. Cari ekspedisi paling terpercaya. Jika ragu, browsing testimony pelanggan melalui internet atau tanyakan pada teman-teman yang sudah pernah mengirim paket ke luar negeri.

Demikian cara mengirim paket ke luar negeri agar aman sampai ke tujuan. Semoga bermanfaat ya.

 

Belum ada Komentar untuk Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri agar Aman Sampai Tujuan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri agar Aman Sampai Tujuan

Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Bagaimana Cara Kirim Paket ke Luar Negeri Secara Tepat

T 17 November 2017 F A atdexpre

Bagaimana  cara mengirim paket ke luar negeri  secara tepat? Pertanyaan seperti ini tentu saja Anda tanyakan ketika ingin mengirinmkan barang dari dalam ke luar negeri, terutama untuk Anda yang saat ini berbisnis di bisnis online, atau bahkan perusahaan yang ingin... Selengkapnya

Jasa Pengiriman Luar Negeri Paling Murah

Pertimbangan Memilih Jasa Pengiriman Luar Negeri Paling Murah

T 18 November 2017 F A atdexpre

Sejak zaman dulu, pengiriman paket baik berupa barang atau dokumen dilakukan banyak orang. Tidak hanya dari satu kota ke kota lainnya di wilayah Indonesia, namun juga ke negara lainnya di dunia. Jika dulu proses pengiriman ini sulit dilakukan, sekarang tidak... Selengkapnya

Jasa Kirim Paket ke Luar Negeri Paling Murah

T 28 September 2017 F A atdexpre

Anda kemungkinan besar sudah mengetahui bahwa ongkos pengiriman ke luar negeri saat ini semakin mahal.. Atau pernahkah anda membandingkan biaya ongkos kirim pada setiap perusahaan jasa pengiriman ke luar negeri? Apabila ada pilihan maka anda pasti akan memilih perusahaan jasa... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.

Chat dengan kami via WhatsApp